Semen Indonesia Atasi Sampah di Gresik Melalui Waste to Zero

Oleh M. Machfudz Sa’idi

Pada kunjungan para peserta WGI 2 di tunjukkan dengan beberapa program kegiatan tanggung jawab PT. Semen Indonesia di Gresik yang sudah berhenti beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu namun masih bertanggung jawab dengan Gresik karena sudah banyak manfaat dari jutaan ton semen yang dihasilkan darinya. Dari tanggung jawabnya tersebut Semen Gresik Foundation (SGF) atau Semen Indonesia Foundation (SMIF) membuat proyek pengelolaan sampah di TPA Ngipik Gresik yang merupakan lokasi bekas tambangnya. Proyek tersebut dijalankan bersama dengan pengelola CSR Semen Indonesia dalam mewujudkan pabrik yang masuk dalam green industry karena Semen Indonesia juga sudah bpernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yaitu Proper Emas, sebuah penghargaan tertinggi untuk perusahaan yang care terhadap lingkungan.

Foto Kaos para Pengelola Proyek Waste to Zero

Foto Kaos para Pengelola Proyek Waste to Zero

Kondisi TPA yang  dengan keterbatasan lahan yang hanya luas 6 hektar kini menjadi alas an pertama untuk di kelola dengan proyek Waste to Zero dalam upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup di Gresik yang nyaman dengan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan serta hasil dari pengelolaan akan dimanfaatkan untuk penggunaan limbah sebagai bahan baku produk, limbah sebagai bahan bakar alternatif, dan sebagai penanganan area bekas tambang.

Deposit sampah di TPA yang ada yaitu sekitar 210.000 ton dan akan ada penambahan sampah sekitar 220 ton per hari.

Tujuan dari program ini tidak lain yaitu untuk mengembangkan kesadaran lingkungan hidup, sehingga masyarakat Gresik dapat memahami prinsip-prinsip ekologi dalam kehidupan sehari-hari dalam bersahabat dengan alam dan lingkungan. Selain itu, juga dapat membantu Pemerintah Daerah kabupaten Gresik dalam rangka tanggung jawabnya dalam pengelolaan sampah.

Di samping itu, kemajuan industri juga mendorong kepeduliannya terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Dengan Waste to Zero ini akan mendukung program efisiensi industri pemakai batu bara, minyak dengan energy terbarukan bisa digantikan dengan pengelolaan sampah kota “Municipal Solid Waste” (MSW) menjadi RFD (Refuse Derived Fuel) serta bagi Semen Indonesia bisa mengangkat upaya industrinya sebagai green industry serta konservasi sumber daya dan upaya penyelamatan lingkungan akibat penimbulan sampah kota yang menumpuk di TPA dan dibiarkan begitu saja.

Foto pada penjelasan dari Pimpinan proyek Waste to Zero

Foto pada penjelasan dari Pimpinan proyek Waste to Zero

Mekanisme dari kinerja Waste to Zero ini akan melalui beberapa tahapan pada analisis teknis yaitu :

Tabel Alur Kerja pada Waste to Zero

Tabel Alur Kerja pada Waste to Zero

Sedangkan pada kondisi lapangan di TPA Ngipik Gresik yang sudah tidak memiliki lahan terus terjadi penumpukan timbulan sampah tiap harinya yaitu sekitar 220 ton. Perencanaan pembangunan pengelolaan sampah di TPA tersebut sudah mendatangkan mesin penghancur sampah dari Jerman dengan harga 13 Miliyar Rupiah dan masih berlanjut untuk mendatangkan mesin pemisah sampah yang akan memisahkan jenis sampah berdasarkan berat satuan sampah dengan harga senilai 26 Miliyar Rupiah dari dana CSR untuk menuju pabrik yang ramah lingkungan dan green industry dalam mewujudkan proyeknya dan sebagai bentuk tanggung jawab industri untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat dalam merencanakan pembangungan pabrik baru di Rembang dan dapat mempercepat proses pembangunan.

Tabel Alur Kerja pada Proses Penghancuran Sampah

Tabel Alur Kerja pada Proses Penghancuran Sampah

Waste to Zero yang di programkan Semen Indonesia ini diharapkan bisa menjadi motivasi seluruh rakyat Indonesia dan Pemerintah daerah dalam mengelola TPA dengan sistem pengelolaan yang baik sehingga dapat menghasilkan manfaatnya dalam mengelola TPA serta lingkungan menjadi aman, nyaman, dan sehat dari dampak buruk yang ditimbulkan sampah jika tidak dikelola dengan baik.

Iklan

One thought on “Semen Indonesia Atasi Sampah di Gresik Melalui Waste to Zero

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s