Wujud Tanggung Jawab Semen Indonesia Mampu Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Oleh M. Machfudz Sa’idi

             Wisata Green Industry Session 2 (WGI 2) pada 14 Februari 2015 terlaksana dengan baik dengan target peserta dari Rembang dan sekitarnya setelah mengikuti jejak sukses di WGI 1 pada 13 Desember 2014 dengan peserta dari penjuru Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini hanya 1 Bus dan 1 Mobil Travel yang menemani perjalanan dari SPBU Gajah Mada Rembang pukul 02.00 WIB sampai kembali lagi pada pukul 20.30 WIB dengan rute lebih banyak dari WGI 1 yaitu melewati Telaga Ngipik dekat pabrik PT. Petrokimia Gresik, Waste to Zero, dan beberapa UKM binaan Semen Indonesia seperti pembuatan peci/songkok dekat pabrik di Gresik, Semen Indonesia dan kerajinan batik tulis dekat pabrik di Tuban. Namun, atribut yang dipakai tidak jauh beda dengan WGI 1.

Foto Persiapan perjalanan pada saat di kantor Semen Indonesia di Gresik menuju  rute perjalanan selanjutnya

Foto Persiapan perjalanan pada saat di kantor Semen Indonesia di Gresik menuju
rute perjalanan selanjutnya

Perjalanan juga lebih jauh dan lama karena ada 2 kota tujuan, Gresik dan Tuban. Kegiatan ini guna untuk mendapatkan informasi yang fakta di lapangan bagaimana memperlancar proses pembangunan pabrik di Rembang pada saat pabrik Semen Indonesia beroperasi dan tutup dengan mengajak masyarakat Rembang dan sekitarnya supaya lebih yakin dan percaya dengan manfaat yang akan ditimbulkan nantinya khususnya pada program-program CSR nya. Gresik adalah lokasi pabrik kami yang sudah tidak beroperasi dengan alasan karena cadangan bahan baku sudah tidak ekonomis serta teknologi pabrik yang sudah tidak efisien lagi. Sedangkan Tuban adalah pabrik yang masih beroperasi dengan untuk beberapa puluh tahun kedepan. Ini wujud keterbukaan PT. Semen Indonesia agar masyarakat dapat mengetahui kondisi pabrik dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik secara kasat mata para peserta WGI 2 ini.

Foto di depan warung binaan Pabrik Semen Indonesia di Gresik

Foto di depan warung binaan Pabrik Semen Indonesia di Gresik

WGI 2 ini terlaksana guna memenuhi janji dari panitia pelaksana WGI 1 setelah mendapat permintaan dari netizen Rembang pada saat mengikuti WGI 1. Akhirnya sejumlah 71 netizen Rembang dan sekitarnya bersama-sama mengunjungi kawasan pasca pabrik seperti bentuk tanggung jawabnya kepada masyarakat tetap sustainable meskipun pabriknya yang di Gresik sudah berhenti beroperasi.

Foto di UKM Binaan pembuatan peci/songkok di sekitar pabrik di Gresik  yang sudah berhenti beroperasi

Foto di UKM Binaan pembuatan peci/songkok di sekitar pabrik di Gresik
yang sudah berhenti beroperasi

Peserta WGI 2 juga sudah membuktikan sendiri dengan melihat area bekas tambang tanah liat yang menjadi embung air & bekas tambang kapur yang direklamasi sehingga menghijau kembali, bahkan Semen Indonesia memiliki program Waste to Zero yang diterapkan di Gresik. Program tersebut merupakan pengelolaan tempat pembuangan akhir di Ngipik (TPA Ngipik) Gresik yang seharusnya tanggung jawab pemerintah kini sudah diminta dan menjadi tanggung jawab oleh PT. Semen Indonesia yang dipegang oleh Semen Indonesia Foundation (SMIF) yang mana bertujuan untuk pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dengan menghancurkan sampah yang kondisinya sudah mengunung karena terbatasnya lahan hanya sekitar 6 hektar di Gresik untuk perluasan TPA dan pemanfaatannya untuk sumber energy alternatif, pupuk kompos, dan tanah reklamasi. Perencanaan pembangunan pengelolaan sampah di TPA tersebut sudah mendatangkan mesin penghancur sampah dari Jerman senilai 13 Miliyar Rupiah dan masih berlanjut untuk mendatangkan mesin pemisah sampah yang akan memisahkan jenis sampah berdasarkan berat satuan sampah dengan harga senilai 26 Miliyar Rupiah dari dana CSR untuk menuju pabrik yang ramah lingkungan dan green industry.

IMG_0086

Peran dari PT. Semen Indonesia yang memegang saham Indonesia 51% juga akan tetap dipertahankan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pengahasilannya untuk APBN negara serta wujud kecintaan kepada Indonesia untuk membantu mensejahterakan rakyat Indonesia bisa tercapai dengan dukungan kita dalam pembangunan selanjutnya di Rembang dalam menghadapi persaingan Internasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s